Hukum Menyambung: Akhir Surat, Bismillah dan Awal Surat.

1. Qath’ul Jami’: Putus semua
2. Washal Jami’ : Sambung semua
3. Qath’ul awal, wa washal ats tsaani wats tsaalits: Memutus yang awal (akhir surat), menyambungkan yang kedua (bismillah) dan ketiga (awal surat).

Yang tidak boleh dilakukan, Washal awal wats tsaani wa qath’ul ats tsaalits: Menyambung yang awal (akhir surat) dengan yang kedua (bismillah) dan memutus yang ketiga.

Saat memutus semua, hukum seperti biasa. Tapi ketika diwashal maka perlu diperhatikan hal-hal berikut:
1. Untuk akhirannya biasa, kita membacanya biasa saja. Pun di awal surat tidak ada hamzah washal seperti contoh no 1.

1

2. Jika di akhir surat ada ba mati, nun mati atau tanwin, atau nun mati, maka pembacaannya sesuai dengan hukumnya. Demikian juga jika di awal surat ada hamzah washal.

2.a. Akhir surat ada ba mati, ketika disambung dengan bismillah maka hukumnya idghom mutamatsilain. Huruf ba di akhir surat dimasukkan ke ba bismillah (lihat ada tanda tasydid di bismillah.

2.a

2.b. Akhir surat ada tanwin (atau nun mati), ketika disambung dengan bismillah maka hukumnya iqlab. Huruf n menjadi m, dengan dengung. Lihat di akhir surat ada gambar mim kecil.

2.b

2.c. Akhir surat ada mim mati, ketika disambung dengan bismillah maka hukumnya ikhfa syafawi. Dibaca dengung, posisi bibir tidak rapat. Seperti ada selembar kertas. Tapi ada beberapa guru yang membolehkan bibir dirapatkan.

2.c

2.d. Awal surat ada hamzah washal, ketika disambung dengan akhir bismillah maka kita tidak membacanya bismillaahirrohmaanir rohiimi iqro bismi robbika…, tetapi bismillaahirrohmaanir rohiimiqro bismi robbika….

2.d

Selain itu, perlu diperhatikan jika diwashal, maka hukum mad ‘arid li sukun dan mad layn tidak berlaku dan harakat akhir surat dan bismillah tetap dibaca. Jika waqof kita bisa membaca akhir bacaan yang mengandung mad ‘arid li sukun dan mad layn dengan panjang 2, 4, atau 6 harakat.

~ by tiarrahman on May 5, 2017.

One Response to “Hukum Menyambung: Akhir Surat, Bismillah dan Awal Surat.”

  1. sangat bermanfaat sekali

Leave a comment