Diet dan Pola Hidup Sehat

Berbagai metode diet dan pola hidup sehat bertebaran untuk dipilih. Mana yang lebih baik 4 sehat 5 sempurna, OCD, food combining, Ketogen-Fastosis, atau diet golongan darah? Mana yang lebih oke?

 

Sebetulnya saya kepo juga ingin mencoba salah satu antara OCD dan Ketogen, tapi selalu saja gak jadi. Sebab yang tahu yang terbaik buat tubuh kita, adalah Allah – Sang Pencipta kita, iyes? Petunjuk dan teladan hidup sehat dari Allah adalah tentu via mahluk kesayanganNya, Muhammad sholawat dan salam untuknya. Buktinya, Rasul sepanjang hidupnya jarang sakit. Hanya satu kali saja beliau sakit. Jadi kenapa kita, terutama yang muslim, gak coba mengikuti gaya hidup sehat ala Rasulullaah saja. Gak pake repot dan gak pake ribet. Dan yang penting, ini sebagai bukti cinta kita kepada Allah dan Rasul-Nya.

 

Coba kita daftar apa saja yang bisa kita contoh:

  • Makanan yang halal dan thoyib

Ini jelas termaktub dalam Quran. Percuma makanan enak jika ia haram. Haram zatnya, maupun haram dalam cara meraihnya. Dan untuk orang-orang tertentu ada makanan yang harus dibatasi atau dipantang.

 

  • Makan Dengan Tangan Kanan, Tidak Berdiri.

Lebih bagus lagi jika tidak pakai sendok, langsung dengan tangan. Duduk makan lesehan bersama dengan keluarga. Ni’mat bener.

 

  • Makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang

Ilmu ini sederhana, tapi kadang sulit dilakukan. Kalo ilmu diet sekarang, biar lapar harus tahan sampe 12 jam atau lebih. Padahal kalo lapar ya makan saja. Yang sulit itu berhenti sebelum kenyang. Padahal di sinilah inti pola makan dan juga pengendalian diri.

 

  • Tidak Mubazir

Mubazir tidak baik, bahkan disamakan dengan teman syaithon. Berbagilah dengan tetangga jika masak banyak. Atau jika masak sedikit, perbanyak kuahnya biar bisa berbagi dengan tetangga. Makanan yang berkah, walau kita makan sedikit tapi kita disayang penghuni langit.

 

  • Makan kurma, minum madu dan habatusauda

Kesenangan Rasul ni. Rasul sarapan dengan kurma atau minum nabeez. Sumber energi di pagi hari. Madu juga Rasul suka, bahkan di Quran juga disebutkan. Demikian juga Nabi menganjurkan menggunakan habatussauda sebagai penawar segala macam penyakit.

 

  • Puasa

Selain puasa Ramadhan, ada puasa syawal, senin-kamis, puasa tengah bulan, dan lain-lain. Tapi inget ya. Niat puasanya yang ikhlas, ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan disayang Allah. Kalo badan jadi lebih langsing dan sehat, itu bonus.

 

  • Tidur siang dan Bangun untuk shalat Malam.

Keseimbangan. Tidur siang, biar malam kita bisa tahajud.

Hai orang yang berselimut (Muhammad),

bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya),

(yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit.

atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.

Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu perkataan yang berat.

Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.

 

Dan dengan shalat malam, Allah akan meninggikan derajat kita.

 

  • Bekam

Ada yang belum pernah? Coba deh dan rutinkan setiap bulan.

 

  • Olahraga

Rasulullah Shalallaahu ‘alaihi wa salam bersabda, “ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (HR Sahih Bukhari/Muslim).

 

Selain itu Rasul juga menyukai lari cepat, gulat, anggar. Intinya badan kita kudu dilatih. Rasul itu kuat dan badannya six-pack. Ayo semangatlah berolahraga.

 

  • Senyum dan Ramah

Rasulullah orang yang murah senyum, ramah dan selalu mengucapkan salam kepada orang yang ditemuinya. Demikian ramahnya beliau, shahabat yang bertemu dengan beliau, bahkan sampai menyangka bahwa dirinyalah yang paling disayang Rasulullah. Ma sya Allah. Akhlaq yang luar biasa.

 

Wallaahu a’lam bishshowab.

 

Salam,

T-man.

Advertisements

~ by tiarrahman on July 6, 2017.

3 Responses to “Diet dan Pola Hidup Sehat”

  1. Assalamualaikum… Udah lama nggak ketemu blok ini. Berapa tahun yah…

    Semoga sehat selalu

  2. Assalamualaikum… Udah lama nggak ketemu blok ini. Berapa tahun yah…

    Semoga sehat selalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: