R20: Final Jangan Kalah

In sya Allah, nanti malam sudah memasuki 21 Ramadhan. Sembilan hari terakhir ini ibarat babak final. Dan dahulu, Rasulullah tercinta mengencangkan ikat pinggang, yang berarti lebih banyak beribadah di malam-malam ini. I’tikaf adalah jalan orang-orang shalih zaman dahulu, zaman sekarang dan zaman yang akan datang. Marilah kita menjadi salah satu bagiannya.

Jika dirasa, hari-hari kemarin belum maksimal, jangan kalah untuk malam-malam final ini. Sesali yang telah berlalu, tapi bersemangatlah untuk memperbaiki hari-hari selanjutnya. Nyesek bro, kalo kalah di final ini.

Jika kita diberi kesempatan dan menyempatkan, alangkah baiknya jika kita bisa ber-I’tikaf pada 9 malam terakhir ini seluruhnya. Jika tidak bisa seluruhnya, ambillah pada malam-malam ganjil. Jika tidak bisa pilihlah malam 27nya. Atau pilih malam yang esok hari kita libur. Atau jika tidak bisa maka, berniatlah untuk I’tikaf ketika ke masjid. Setelah sholat tarawih, sempatkan membaca sehalaman atau selembar dari Quran.

Jika tidak bisa, misalkan karena shift malam, dan hanya bisa sekedar sholat wajib di musholla kantor, maka di saat bekerja perbanyak saja dzikir kepada Allah. Jika punya hafalan Quran, boleh pulalah dibaca untuk mengisi malam-malam akhir Ramadhan ini.

*****

Apa yang dilakukan untuk mengisi malam-malam terakhir ini?
1. Istighfar. Semoga kita diampuni dan semakin disayang Allah
2. Baca Quran: salah satu malam Ramadhan adalah malam diturunkan Al Quran. Membaca Al Quran dengan penuh penghayatan akan berguna bagi hati kita. Bukankah ia adalah petunjuk dan penyembuh?
3. Sholat. Jika sudah witir, masih bisa kita sholat tahajud
4. Berdoa dan mendoakan. Berdoa kebaikan baik buat diri sendiri, keluarga, sahabat, negara dan umat islam di seluruh dunia. Bagi sahabat yang ikut halaqoh tahfizh, jangan lupa doakan sahabat di halaqoh biar dimudahkan menghafal yang mutqin. Berdoa untuk kesehatan. Doakan orang tua kita. Doakan orang yang terlah berbuat baik kepada kita. Doakan guru dan pemimpin kita. Berdoa agar sahabat kita ada yang mendapatkan Lailatul Qadar, in sya Allah, malaikat mengaminkan dan mendoakan yang sama untuk kita.
5. Dll.

Semoga ada di antara sahabatku ada yang beruntung menjumpai Laitul Qadar. Aamiin.

Wallaahu a’lam bishshowab.

Salam,
T-man

Advertisements

~ by tiarrahman on June 15, 2017.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: