R18: Bangkrut Sebangkrut Bangkrutnya

Saat Nabi menerangkan tentang orang yang paling bangkrut, bukanlah orang yang jatuh miskin dan berhutang banyak. Tapi yang paling bangkrut adalah orang yang ketika di hari perhitungan membawa pahala sholat, puasa, shodaqoh, baca quran dan lain-lain. Tapi kemudian karena dia pernah menzholimi orang lain maka pahala-pahala yang didapatkan harus dibagikan kepada orang yang pernah dizholiminya. Jika masih belum mencukupi, maka dosa-dosa orang yang dizholimi itu ditransfer kepadanya.

Lihatlah.. islam mendahulukan akhlaq dan semua perbuatan akan dibuat perhitungannya. Walaupun sebiji zarah.

*****

Bosen kali ya mendengar bahaya meroko dari segi kesehatan. Badan-badan gue sendiri, begitu mungkin mereka bilang.

Baiklah. Saya nyatakan.. bahwa gak ada yang senang dengan asap rokok. Yang merokok saja, gak mau asapnya ditelan semua. Pake disemburin lagi. Apalagi kalo mereka dimasukkan ke dalam ruangan penuh asap rokok, walaupun rokok itu rokok kesukaannya. Makanya di ruang merokok mereka minta dipasang exhaust fan. Ish gak serius pisan.

Nah, apalagi orang yang gak suka merokok, alergi asap atau yang punya penyakit pernapasan.

Jadi kalo perokok, merokok di tempat umum, semisal dalam angkutan umum dan tidak menelan semua asapnya, berarti perokok itu telah berbuat zholim kepada orang se angkutan itu. Yang jika tidak minta dihalalkan saat di dunia, maka itu akan ditagih di hari nanti. Dengan transfer amal ke yang dizholimi, atau mendapat transfer dosa. Ngeri banget, bro. Ngeri.

Semoga sahabatku terhindar dari hal sedemikian. Jika sudah terlanjur, minta maaflah dan beristighfarlah. Jika tidak bisa menemui orang yang sudah dizholimi satu persatu, doakan kebaikan pada mereka yang kita zholimi.

Wallaahu a’lam bishshowab.

Salam,
T-man

Advertisements

~ by tiarrahman on June 15, 2017.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: