R04: Menjadi Bagian Dari Kebaikan

Muslim yang satu dengan muslim lainnya, ibarat satu tubuh. Jika satu sakit, maka tidak enaklah bagian tubuh yang lainnya.

Rasul adalah orang yang dermawan, begitu pula sahabat-sahabatnya. Bulan biasa mereka ringan tangan membantu, di bulan Ramadhan mereka jorjoran dalam berinfaq dan bershodaqoh. Tentu terbayang dalam benak kita saat Abu Bakar rhodhiallaahu anhu menebus Bilal yang saat itu disiksa karena keislamannya. Abu Bakar menebusnya dengan harga yang tinggi. Atau saat Utsman bin Affan menebus sumur milik yahudi untuk memberi air bagi kaum muslimin.

Sahabat, ringan tanganlah dan bersegeralah dalam membantu. Saudara-saudara kita di belahan Afrika, sekarang sedang susah. Ada makan buat sahur, tiada makan buat berbuka. Ada buat berbuka, tiada untuk sahur. Malah kadang tiada buat sahur dan berbuka. Padahal Rasulullah pernah menganjurkan sahabatnya hijrah ke Habasyah, karena di sana ada raja yang adil. Raja Najasy menerima para sahabat ini, dan ia pun memeluk islam.

Kini mereka sedang kesusahan, mengenang kebaikan mereka kepada sahabat Rasulullah, hendaklah kita membantunya. Salah dua organisasi yang mengkordinir bantuan itu adalah Onecare dan ACT.

*****

Akh mereka kan jauh, saya mah membantu yang dekat saja. Alhamdulillah saudaraku. Dipersilahkan sangat. Jadilah bagian dari kebaikan. Asal jangan termasuk yang mencela ngapain nyumbang jauh-jauh tapi diminta nyumbang yang dekat juga susah.

*****

Jadilah bagian dari kebaikan, semampu kita dan sesuai keahlian kita. Jika ada harta boleh, atau jika kita banyak waktu, bisa langsung turun sumbang tenaga. Jika punya ilmu dan pemikiran, in sya Allah ada jalannya. Pun jika kita hanya mampu berdoa, berdoalah. Berdoalah agar Allah memudahkan orang yang membantu saudaranya. Berdoalah agar Allah membalas dengan kebaikan. Berdoalah agar kita diberikan kemampuan dan kesempatan untuk membantu di lain waktu.

Jadilah bagian dari kebaikan. Ah.. jadi ingat, ada ayat Quran yang memerintahkan jihad. Ada yang segera menyambut dengan segenap kemampuan. Ada yang sehat tapi mengajukan uzur. Ada yang ingin ikut, tapi mereka tidak mempunyai tunggangan dan harta, saat mereka disuruh pulang… air mata mereka bercucuran.

Jadilah bagian dari kebaikan, saudaraku. Persembahkan yabg terbaik beserta keikhlasan yang sempurna.

Kamu sekalikali tidak sampai kepada kebaikan (yang sempurna) sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS ‘Ali ‘Imron 92)

Wallaahu a’lam bishshowab.

Salam,
T-man

Advertisements

~ by tiarrahman on June 6, 2017.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: