R10: Tazkiyatun Nafs

Tazkiyatun nafs alias mensucikan diri, banyak disebut dalam Qur’an. Biasanya disandingkan dengan pengutusan Rasul. Seperti dalam surat Al Jumu’ah ayat 2, “Dialah yang mengutus pada masyarakat yang ummi, Rasul dari kalangan mereka, membacakan untuk mereka ayat-ayatNya, dan mensucikan mereka dan mengajarkan mereka kitab dan hikmah. Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata”

Tazkiyatun nafs sangat penting dan orang yang mengerjakannya, itulah yang beruntung. Seperti dalam surat Asy Syam 7-10: “demi jiwa serta penyempurnaan (ciptaan)nya, maka Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya. Sungguh beruntung orang yang menyucikannya (jiwa itu), dan sungguh rugi orang yang mengotorinya.”

Dalam ceramah semalam, ustadz menerangkan kiat-kiat tazkiyatun nafs ini.
1. Bertaubat kepada Allah.
Menyadari dosa dan memohon ampunan kepada Allah. Istighfar itu juga membuat kita beruntung. Yang mau untung, marilah kita beristighfar. Manusia tempatnya salah, dan sebaikbaik orang yang bersalah adalah yang bersegera memohon ampunan kepada Allah. Dan diniatkan pula dalam hati untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

2. Muroqobah
Merasa diri selalu diawasi Allah dan Allah memang Maha Melihat apa yang kita kerjakan. Jika kita selalu mengingat ini, in sya Allah lebih mudah bagi kita untuk mensucikan diri.

3. Muhasabah
Menghitung segala kekurangan diri, untuk kemudian memperbaikinya.

4. Mujahadah
Berjuang dan bersungguh-sungguh untuk mencapainya.

Mensucikan diri wajib, merasa paling suci tidak boleh. Dalam surat An Najm 32: ” (Yaitu) mereka yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji, kecuali kesalahan-kesalahan kecil. Sungguh, Tuhanmu Maha luas ampunan-Nya. Dia mengetahui tentang kamu, sejak Dia menjadikan kamu dari tanah lalu ketika kamu masih janin dalam perut ibumu. Maka janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dia mengetahui tentang orang yang bertakwa.”

Semoga Allah memudahkan usaha kita dan menjadikan kita orang yang mensucikan diri.

Salam
T-man

Advertisements

~ by tiarrahman on June 27, 2015.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: