R01: Pemimpin

Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan ditanyai tentang yang dipimpinnya.

Hadits di atas saya hafal sejak kelas 1 SMA, tapi saya tidak hafal sanad perawinya :(. Ini hadits yang tidak pernah usang. Pemimpin adalah amanah. Jaman dahulu, tidak ada orang berebut untuk jadi pemimpin, karena mereka tahu konsekwensi yang berat. Entahlah sekarang, orang malah melihat keuntungan yang akan didapat jika jadi pemimpin. Apakah mereka memikirkan kewajiban dan tanggung jawab? Semoga.

Setiap kita adalah pemimpin. Baik dari jabatan atau bukan. Seorang suami adalah pemimpin bagi keluarganya, seorang istri adalah pemimpin bagi urusan keluarga, bahkan seorang pribadi adalah pemimpin bagi dirinya sendiri

*****

Selain tanggung jawab, sebetulnya juga merupakan kesempatan. Kesempatan memperoleh ridho Allah. Pemimpin yang adil, mendapat jaminan jannah. Siapa yang gak ngiler? Ini yang benar, ngilernya bukan karena uang yang didapat, tapi kesempatan untuk beramal.

Bagi teman-teman yang diberi amanah kepemimpinan, baik di pemerintahan, perusahaan, lingkungan atau rumah tangga, inilah kesempatan meraih ridho Allah. Selain mengerti ilmunya, tahu tanggung jawabnya, adil dan bijaksana, suara teman-teman itu lebih didengar. Maka ajaklah bawahan teman-teman menuju Allah. Saat waktu sholat, hentikan semua kegiatan… ajaklah semua sholat berjamaah. Ingatkan untuk saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran.

Salam.
T-man

Advertisements

~ by tiarrahman on June 18, 2015.

2 Responses to “R01: Pemimpin”

  1. like

  2. Secara tegas hadits tersebut juga mengisyaratkan bahwa (salah satu) kewajiban orangtua adalah menjadikan anak shalih dengan pendidikan yang baik.

    Allah ta’ala pun langsung membebankan tanggung jawab ini kepada kedua orang tua. Allah ta’ala berfirman:
    “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” [QS At Tahrim: 6]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: