Jenis-Jenis Makanan Untuk Menguatkan Hafalan

Dari buku Cara Mudah & Cepat, menghafal Al-Quran (Dr Yahya bin ‘Abdurrazzaq Al-Ghautsani).

Jenis-jenis makanan yang dapat membantu menguatkan hafalan:

1. Madu. Imam az-zuhri berkata: “minumlah madu, sebab madu sangat baik untuk kegiatan menghafal. Bisa juga sebagai pengganti gula pasir untuk dicampurkan ke dalam minuman dingin dan hangat, seperti teh dan lain sebagainya.

2. Daun mint. Seorang ulama memberikan resep yang manjur untuk menghafal; ia mengatakan: “Sebagai ganti daun teh, rebuslah dain mint, kemudian tambahkan beberapa tetes minyak habbatus sauda. Kemudian, tambahkan satu sendok makan madu asli. Minumlah ramuan ini di pagi hari, niscaya sepanjang hari Anda akan mendapatkan ingatan yang terang, tubuh yang bugar dan kadar gula Anda tidak akan naik.

3. Campuran madu dan habbatus sauda sangat baik untuk memerdukan suara dan menghilangkan lendir tenggorokan. Saya mendengar langsung dari pakar madu. Namun keduanya harus dicampur dengan komposisi yang tepat.

4. Kismis. Al Hasyimi berkata: “Siapa saja yang ingin menghafal hadits, maka hendaklah ia memakan kismis.“ Yang dianjurkan kismis yang berwarna blonda (merah kekuningkuningan).

5. Susu Sapi. Seorang laki-laki datang menemui ‘Ali bin Thalib ra mengeluhkan kepikunan yang dialaminya, ‘Ali ra berkata: “Minumlah susu sapi, sebab susu sapi dapat menyemangati hati dan menghilangkan kelupaan.“

6. Air Zamzam. Salah satu terapi yang mujarab untuk menguatkan hafalan adalah minum air zamzam, dengan niat menguatkan hafalan. Nabi SAW bersabda: “Air zamzam (berkhasiat) sesuai dengan niat ketika meminumnya.“

7. Ikan Segar. Di antara jenis makanan yang baik untuk daya ingatan adalah dengan banyak mengonsumsi ikan segar. Dr. Hassan Syamsi Basya menceritakan kepadaku bahwa di dalam daging ikan terdapat beberapa jenis vitamin yang bisa menguatkan otak.

Secara umum, banyak makan dan kekenyangan dapat membuat lemah ingatan dan tumpulnya daya nalar. Sabda Nabi SAW, Tidak ada kantung yang lebih buruk diisi oleh anak Adam selain perutnya. Cukuplah baginya beberapa suapan sekedar untuk menegakkan tulang punggungnya. Jika memang harus lebih dari itu, maka jadikanlah sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk bernafas.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

~ by tiarrahman on March 11, 2015.

3 Responses to “Jenis-Jenis Makanan Untuk Menguatkan Hafalan”

  1. bang Tiar, ada ketentuan ga kalau minum madu itu sebaiknya berapa kali dalam satu hari?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: