Menghafal Al-Qur’an dengan Mendengarkan..

Dari buku 9 Langkah Mudah Menghafal Al-Qur’an, rahasia hafal Al-Qur’an dengan metode yang belajar paling modern. Ada satu metode dengan metode mendengarkan dari qari’ yang berbeda. Berikut kutipannya.

Ayat-ayat yang mirip. Masalah ini termasuk salah satu kesulitan yang sering kita hadapi ketika menghafal Al Qur’an Al Karim. Dan menghafal setiap surat dengan qori‘ yang berbeda-beda dapat mengatasi kesulitan ini. Strategi di atas dapat memudahkan masalah ini. Setiap qori‘ mempunyai suara yang berbeda dengan qari‘ lainnya. Dengan cara di atas, menghafal ayat yang mirip bukan lagi suatu yang sulit lagi in sya Allah.

Misalnya jika anda sudah hafal surat Al A’raf dengan suara Syeik Muhammad Ayyub dan surat Asy Syuara dengan suara Syeikh Al Muhaisini, maka ayat-ayat yang mirip yang ada pada kedua surat tersebut bukan lagi masalah, karena suara qari‘ kedua surat tersebut juga berbeda.

Cara ini juga memungkinkan anda untuk mengetahui tempat-tempat ayat pada surat-surat tertentu dalam Al Qur’an. Ini juga termasuk yang dikeluhkan oleh para penghafal Al Qur-an.

Anda juga bisa memilih bacaan satu qori‘ untuk lebih satu surat, dengan syarat akhiran ayat-ayat dalam surat-surat tersebut berda antara surat satu dengan surat lainnya. Misalnya, anda bisa menghafal surat Maryam, Thaha, Al Anbiya serta Al Ahzab dengan suara satu qari‘, mungkin Syeikh Sudais.

Kenapa begitu?

Karena akhiran ayat-ayat pada setiap surat tersebut berbda dengan akhiran pada surat berikutnya, sehingga akan memudahkan anda untuk mengetahui sebuah ayat terletak pada surat apa dengan mengetahui akhiran ayatnya. Contoh:

Surat Maryam, ayat-ayatnya diakhiri dengan kata-kata Zakariya, Khafiya, Syaqiya, Qashiya, Syarqiya…

Surat Thaha, ayat-ayatnya diakhiri dengan kata-kata Kitasqa, Yakhsya, Al Ula, Istawa, Ats Tsara…

Surat Al Anbiya, ayat-ayatnya diakhiri dengan kata-kata Mu’ridhun, Yal ‘abun, Yubshirun, Al Awwalun, Yu’minun…

Surat Al Ahzab, ayat-ayatnya diakhiri dengan kata-kata Hakiman, Khabiran, Wakilan, Rahiman, Masthuran, Ghalidzan…

Anda bisa menghafal surat-surat di atas dengan satu qori‘ saja, karena menghafal Al Qur-an dengan 114 bacaan qari‘ yang berbeda-beda bukan merupakan syarat mutlak cara ini.

Selain itu, anda juga bisa menghafal surat-surat yang ada pada juz Amma (juz 30), Juz Tabarak (juz 29) dan Juz Qad Sami’a (Juz 28) seluruhnya dengan bacaan satu qari‘ saja.

Advertisements

~ by tiarrahman on December 31, 2014.

9 Responses to “Menghafal Al-Qur’an dengan Mendengarkan..”

  1. Keep hamasah, Pak Tiar.

    Menghafal sambil dengerin qari Syaih Sudais… ademm.. nyesss.

  2. جزاكم الله خيرا untuk tipsnya kang…

  3. tips untuk menghafal Al-Quran untuk ibu yang bekerja di luar seperti saya adakah. selain sering mendengarkan murotal?

    • 1. satu hari satu ayat saja bu.
      2. ISTIQOMAH

      • istiqomahnya bukan perkara mudah ya…. dan menjaga itu! 🙂

        • bayangkan saja bu, betapa indahnya jika kita istiqomah dalam iman dan kebaikan. Allah akan menurunkan malaikat untuk kita.. dan kabar gembira itu.. bukankah kita ingin ada di dalam surga-Nya.. bayangkanlah kita sudah ada di dalam surga.. kebun yang indah, ada sungai yang mengalir dan buah-buahan.. bersama keluarga kita.. apakah kita mau melepaskan itu?

          “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” Kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, Maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. QS Fushilat:30

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: