Belok Dengan Aman

Setelah sharing Waspada Ketika Akan Menyalib Kendaraan Dalam Posisi Seperti Ini, malah dapat sharing yang bagusdari Safety dept, katanya dari milis HSE.

Semoga bermanfaat. Yang utamanya menurutku dalam berkendara –> Jaga jarak aman dan waspada…

======================

   belok0       

Berhati-hati dan tertib di jalan akan memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kesadaran masing-masing pengemudi baik itu mobil dan motor terhadap aturan-aturan yang tidak tertulis, berkaitan dengan tata krama di jalan juga dapat berpengaruh terhadap tingkat terjadinya kecelakaan. Yang menjadi masalah adalah tidak semua orang mempunyai kesadaran, pola berpikir, tata krama yang sama di jalan.

Artikel ini di buat untuk mencoba menyampaikan aturan tidak tertulis tadi yang semoga dapat diingat selalu saat kita berkendara baik dengan motor maupun mobil di jalan.

BELOK – 1

Sering terjadi saat mobil (C) akan berbelok ke kiri, tiba-tiba muncul sepeda motor (A) dari sisi kiri atau sisi dalam belokan. Beruntung apabila mobil (C) melihat ada sepeda motor tersebut di sisi kirinya, jika tidak, maka motor (A) akan terjepit oleh mobil tersebut.

belok1

Mengapa bisa terjadi kecelakaan?
Pengemudi mobil (C) yang akan berbelok ke kiri, pertama-tama akan berkonsentrasi melihat ke arah kanan (1) melihat adanya mobil lain dari arah kanan (E), kemudian dia akan melihat mobil dari arah kiri (2) (D) untuk mulai berbelok ke kiri.
Saat seperti itu umumnya pengemudi mobil tidak terpikir untuk melihat sisi kiri mobil apakah aman atau tidak.
Sekalipun melihat spion, umumnya posisi sepeda motor yang menyelip masuk tidak terlihat karena masuk dalam sudut BLIND SPOT (sudut tidak terlihat oleh kaca spion).

belok3

Pengendara motor (B) posisinya benar, dia berjalan di belakang mobil yang sedang berbelok, sehingga aman. Pengendara motor (B) pun harus melihat kondisi lalin dari arah kanan, dan mengatur jarak dengan mobil di depannya saat berbelok.

BELOK – 2

Sering terjadi juga, saat mobil akan masuk jalur di seberangnya pada suatu pertigaan, sepeda motor yang ikut berbelok dengan arah yang sama mengambil ruang gerak belok mobil. Hal ini sangat berbahaya apabila si pengendara mobil tidak melihat dan menginjak rem saat sepeda motor itu memotong jalur beloknya.

belok4

Sebaiknya, pengendara motor menunggu mobil tersebut berbelok pada ruang geraknya dan tidak memotongnya.

belok5

BELOK – 3

Pada jalan yang tidak terlalu ramai, sering terjadi motor atau mobil berbelok dengan mengambil jalur arah berlawanan saat memasuki pertigaan atau tikungan.

Untuk itu mobil atau motor yang akan memasuki tikungan atau pertigaan, sempatkan untuk membunyikan klakson atau menyalakan beam (jika malam) agar pengendara lain tau akan ada mobil / motor yang keluar tikungan, sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan.

belok6

Sebaiknya tetaplah berjalan di jalur masing-masing. Bayangkan ada garis pembatas jalur (imajiner) yang tidak boleh kita langgar saat berbelok, juga perlu berhenti, sebelum berbelok apabila ada kendaraan lain dari arah berlawanan yang akan lurus (C), sehingga aman.

belok7

BELOK – 4

Kecelakaan antar sesama sepeda motor sering terjadi saat memasuki suatu tikungan. Ketika salah satu pengendara motor menyusul memasuki tikungan dan mengambil jalur belok sepeda motor di belakangnya, sehingga apabila pengendara yang dibelakang tidak sigap, akan terjadi kecelakaan.

belok8

Sebaiknya tetaplah berbelok di jalurnya, bayangkan garis belokan yang akan kita lalui maupun yang akan dilalui oleh pengendara di dekat kita, sehingga kita tidak mengambil atau menyerobot jalur beloknya.

belok9

Advertisements

~ by tiarrahman on August 7, 2014.

13 Responses to “Belok Dengan Aman”

  1. Sebetulnya aturan aturan tersebut sudah ada sewaktu dilakukan tes tertulis dan tes praktek. Masalahnya adalah, apakah pengendara melakukan tes dengan benar? Alias mendapatkan SIM dengan cara tidak nyogok?

    • tes tulis aku kerjakan dengan benar, walau nyogok :(. tidak ada teori belok aman di tes tulis.

      tapi aku slalu berkendara dengan aman. terutama menjaga jarak aman. tapi seringnya, jarak amanku, diserobot pengendara lain.

  2. lebih lengkap mas. 🙂

  3. Aku suka gemes liat pengendara motor yang ugal2an. Padahal ntar kalau kenapa2 yang kena juga yang punya mobil, padahal yang salah motornya

  4. berkunjung kemari dalam rangka menyambut hari 17 agustus hehehe…. ditunggu kunbalnya ya, o iya minal aidin walfaidin jg ya

  5. minal aidin walfaidin mhn maaf lahir batin ya

  6. keren, berguna banget tipnya. Walopun sekarang masih punyanya bronpit doang, ntar klo udah punya mobil (amin), bakal kuingat2.
    *penasaran siapa yg gambar ilustrasinya yah… niat banget, salute

  7. Hadeeeh.. saya sering banget tuh berada pada posisi yang disilang itu 😀
    Ternyata berbahaya banget ya…

  8. Sein, Hel dan Sepion itu paling utama. Menurutku…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: