Dodol-Dodol di Betawi (Bekasi)

Hallooo…

Sebelum habis lebaran, marilah kita bicara tentang dodol betawi pada umumnya dan bekasi pada khususnya.

Zaman dahulu kala, saat engkong dari bapak dan ibu masih hidup, keluarga kami selalu bikin alias ngaduk dodol sendiri. Yang biasa dibuat ya dodol betawi biasa. Aku biasanya kebagian jalan untuk nepung beras dan marut kelapa. Nah puasaku biasanya batal karena pengen nyobain dodol muda. Rasanya selangit deh. Tapi itu cuma sampe kelas 3 sd saja. Yang ngaduk untuk 3 keluarga: engkong, mang nana dan bapak. Jadi 3 hari berturut-turut ngaduknya.

Setelah engkong gak ada, kayaknya kita gak bikin dodol lagi. Apalagi setelah bapak sakit stroke. Kita biasa pesen ke Ce Kamah. Sistem besekan. Dia ngaduk banyak, dijual per besek. Jika mau dapat dodol muda, asal gak malu, dateng aja pas perkiraan dodol muda itu jadi. Atau bisa sekalian pesen dodol mudanya, tapi inget ya.. gak tahan lama.

Oh iya. Jenisnya ya..

1. Dodol biasa. Bisa yang muda atau tua. Kalo yang tua lebih keras. Kalo semakin lama dan keras, bisa dipotong lalu dicampur adonan terigu dan digoreng. Cocok buat ngopi pagi 😀

2. Dodol sirat. Ini dodol dibuat dari ketan. Lebih liat. Tapi aku jarang makan yang ini.

3. Dodol lapis. Dodol lapis bahannya menggunakan gula putih, alih-alih gula merah dan diberi pewarna pandan atau suji. Dodol ini lalu digulung dan dibungkus kertas minyak.

 

dodol lapis

ini foto yang sudah dipotong dan dilepas kertas minyaknya..

~ by tiarrahman on August 16, 2013.

21 Responses to “Dodol-Dodol di Betawi (Bekasi)”

  1. Di kampung saya, di Tangerang sana tiap lebaran masih tuh rame2 bikin dodol, tp ya semakin berkurang sih dari tahun ke tahun, lbh banyak yg pesen aja ke salah satu pabrik dodol terdekat .

    Mas, ada foto2nya gak itu dodol sirat, dodol lapir bekasi ?

  2. baru mau nanya kok mirip wajik, eh udah ada jawabannya :-). di kampung saya, dulu lbh sering tukeran dodol Cina.

  3. pa kbr mas? dulu udah ketak ketik komen tapi error mulu disubmit.

    masih punya dodolnya? mau aku mas

  4. Baru pertama lihat dodol warna..
    cantik..

  5. permisi mas,saya mahasiswa tingkat akhir nih di universitas di Bandung
    kebetulan saya dapat tugas akhir untuk promosiin dodol betawi yang kenyataannya saat ini sudah mulai berkurang pembuatnya mas
    mas atau mbak disini punya foto-foto tentang dodol betawi gak?
    kalau boleh saya mau minta mas,unutk saya masukkan ke dalam buku yang saya buat untuk tugas akhir saya

    • cari internet saja ya.. dodol betawi biasa dan sirat banyak dan bertebaran di inet. yang dodol lapis silahkan ambil foto yang punya saya. di inet tidak ada. coba nanti saya coba cari, apakah ada dodol lapis yang utuh.

  6. Bang,
    Info bang kalau beli dodol lapis betawi skrang dimane ya? Carinya susah banget. Biasa dibawain sama sodara dari bekasi tapi skrang udah ngga lagi krn udah pada ga ad.

Leave a Reply

 
